Perbedaan Dompet Kredit Dan Dompet Tunai pada Apikasi Grab Driver


Sentrablog - Baru daftar menjadi mitra grab ?.. Pasti masih bingung dengan yang namanya Dompet Grabpay, Dompet Kredit Dan Dompet Tunai.

Perlu diketaui pada menu aplikasi grab driver terdapat menu Grabpay yang mana didalamnya terdapat dua dompet atau wallet untuk penyimpanan saldo.

Bisa dilihat pada menu di aplikasi grab driver didalm menu dompet grabpay terdapat Dompet kredit dan dan Dompet tunai atau yang biasa di sebut oleh driver saldo kredit dan saldo tunai.

Setiap dompet disini memiliki fungsi yang berbeda diantaranya :

Dompet Kredit

Dompet kredit atau saldo kredit adalah saldo yang digunakan untuk transaksi bagi hasil antara mitra grab dan perusahaan grab.

Dimana setiap driver yang mendapatkan orderan dengan argo tertentu maka akan di potong sebesar 20% dari dompet tunai. Karena sistem bagi hasil pada grab adalah 80:20.

80 % untuk mitra grab yaitu driver dan 20 % untuk perusaahn grab.

Contohnya seperti ini, driver mendapatkan orderan dengan harga atau argo sebesar 10.000 rupiah maka akan di potong 20% yaitu sebesar 2.000 rupiah.

Nah disinilah fungsi dompet kredit, potongan sebesar 2.000 rupiah itu diambil dari saldo dompet kredit driver.

Secara umum pada saat pendaftaran mitra driver diwajibkan top up saldo kredit sebesar 100.000 rupiah. karena setiap menerima orderan dan melakukan perjalan akan di potong sebesar 20% maka semakin banyak driver mendapat orderan maka akan semakin cepat pula saldo dompet kredit berkurang.

Sedangkan untuk layanan Grabbike driver harus memiliki saldo dompet kredit minimal sebesar 10.000 rupiah dan 20.000 rupiah untuk layanan Grab exspres.

Jika driver tidak memiliki saldo yang cukup maka driver tidak akan bisa menerima orderan penumpang.

Bagaimana jika saldo dompet kredit habis ?

Jika saldo kredit habis hal yang harus dilakukan adalah top up saldo dompet kredit, yang bisa dilakukan dari dompet tunai ataupun top up dari dari merchant tertentu.

Jika saya tidak mempunyai saldo dompet tunai dimana tempat top up saldo grab ?

Tenang jangan bingung dulu, bagi driver yang tidak mempunyai saldo pada dompet tunai bisa melakukan top up di merchant seperti alfamart.

Dompet Tunai.

Dompet tunai atau yang biasa disebut saldo tunai adalah dompet tempat penyimpann transaksi uang elektronik yang bisa dicairkan melalui rekening bank CIMB NIAGA.

Transaksi uang elektronik ini meliputi pembayaran promo, pembayaran grabpay, pembayaran insentif dan Bonus Harian.

Contohnya seperti ini jika ada pelanggan grab yang menggunakan uang elktronik atau grabpay pada saat melakukan orderan maka mereka tidak perlu memberikan uang cash lagi kepada driver. Pembayaran akan langsung masuk ke dalam dompet tunai pada aplikasi driver dan saldo grabpay pelanggan akan berkurang.

Sama halnya ketika ada promo, pembayaran promo akan masuk ke dompet tunai

Sebenarnya yang membedakan disini adalah saldo dompet tunai bisa di pindahkan ke dalam dompet kredit atau yang biasa kita sebut top up, sedangkan saldo dompet kredit tidak bisa dipindahkan kedalam dompet tunai.

Ini kelebihannya jika mempunyai saldo dompet tunai, kita dapat top up kedalam dompet kredit tanpa dikenai biaya. Berbeda jika kita top di alfamart maka kita akan terkena biaya admin disana.

Lalu bagaimana cara mendapatkan saldo dompet tunai ???

Caranya sangat mudah untuk mendapatkan saldo dompet tunai yaitu kejar terus bonus harian dan insentifnya, serta jangan pernah menolak pelanggan yang memakai grabpay dan kode promo.