Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Cara Pengaduan Gojek dan Tipsnya

Punya masalah saat menggunakan Gojek? Pahami cara pengaduan Gojek agar urusan lancar jaya.

Dalam sebuah bisnis terlepas dari apa pun jenisnya, masalah akan terus bermunculan. Ini merupakan kejadian yang lumrah dan kerap dialami oleh banyak konsumen, dan karena itulah, pekerjaan customer service masih dibutuhkan perusahaan. Namun demikian, setiap perusahaan memiliki respons bervariasi dalam menanggapi keluhan, baik dari segi durasi maupun mekanisme penanganan. Misalnya saja, akan berbeda antara cara pengaduan Gojek dengan kompetitor di bidang serupa.


  

Ragam Cara Pengaduan Gojek

1.   Kirim surel

Gojek menyediakan email khusus untuk menampung komplain dari konsumen. Cara ini gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun, namun demikian, Anda harus mengirimkannya kepada alamat resmi untuk menerima balasan. Jangan sampai salah alamat dan berakhir dengan keluhan yang dibiarkan begitu saja.

Setidaknya ada sejumlah email di mana bisa Anda rujuk untuk mengirimkan keluhan. Cara pengaduan Gojek melalui metode ini perlu disesuaikan dengan fitur yang bermasalah. Sebagai contoh, kirimlah komplain ke email cs@go-pay.co.id jika menghadapi masalah pada fasilitas e-wallet. Kemudian, kirim ke mitrausaha@gojek.com bila Anda partner Gojek, customerservice@go-jek.com bagi konsumen, driversupport@go-jek.com untuk driver, serta gofood@go-jek.com untuk pengguna GoFood.

Saat mengirimkan email, pastikan Anda menyertakan keluhan sejelas mungkin di bagian bodi dan memberikan keterangan subjek yang relevan. Kirim komplain sesuai tipe layanannya dan sampaikan bagaimana kronologi kejadian tersebut.

 

2.   Gunakan call center

Selain mengirimkan aduan lewat alamat email, Anda pun bisa menjadikan call center sebagai pilihan. Hanya saja, biasanya layanan ini memerlukan pemakaian pulsa, sehingga sebelum melakukan panggilan pastikan Anda sudah memiliki saldo yang cukup. Gojek menyediakan nomor berbeda tergantung fitur yang dikeluhkan, baik itu oleh pelanggan maupun driver.

Sebagai contoh, Anda dapat menghubungi nomor (021) 50849000 jika memiliki masalah dalam layanan konsumen, kemudian hubungi (021) 50233200 untuk para pengemudi. Cara melapornya yakni menunggu panggilan terhubung, lalu jelaskan identitas Anda, dan sampaikan apa masalahnya sedetail mungkin agar mudah dipahami oleh perwakilan karyawan dari pihak Gojek.

Tidak perlu berbasa-basi saat melakukan panggilan, cukup lakukan sesingkat dan sejelas mungkin. Selain demi kepentingan efektivitas, cara ini juga berguna untuk menghemat pengeluaran pulsa Anda. Setelah menyelesaikan konsultasi masalah, segera akhiri, dan tunggu hingga solusinya selesai diproses.

3.   Lewat kanal media sosial

Cara pengaduan Gojek yang lain bisa Anda tempuh melalui kanal media sosial resmi mereka. Metode ini dapat dilaksanakan dengan berapa opsi, seperti mengirim DM, mention pada akun terkait, atau di kolom komentar postingan perusahaan. Misalnya, Anda gagal melakukan perubahan alamat pengantaran GoFood, maka silakan kirim DM langsung dan tunggu admin yang bertugas memberikan respons. Jika langkah ini tidak menerima tanggapan memuaskan, bisa berpindah ke kolom komentar.

Sebaiknya gunakan nama yang sesuai dengan akun Gojek Anda saat melakukan komplain. Tindakan itu akan memudahkan admin mengecek kebenaran keluhan. Meski cara ini kerap ditempuh bila sudah terlalu sering diabaikan, dan biasanya menerima respon cepat, tetapi ada baiknya jadikan sebagai pilihan terakhir, di kala usaha lain tak kunjung membuahkan hasil.

Tips Cara Pengaduan Gojek Lewat Aplikasi

1.   Mengerti cara kerjanya

Ada pula fasilitas komplain yang tersedia lewat aplikasi, di mana Anda dapat menyampaikan segala jenis masalah. Gojek sendiri sebenarnya memiliki aplikasi berbeda antara mitra dan konsumen, namun intinya, senantiasa bisa ditemukan menu khusus komplain di bagian Bantuan.

Cara aksesnya dengan membuka aplikasi Anda, baik Gojek maupun GoPartner, kemudian masuk ke laman profil. Klik menu Bantuan dan tunggu hingga beberapa topik muncul secara otomatis. Tentukan topik mana yang paling relevan, lalu isi formulir. Di sini, Anda akan diminta mengisi data diri dan bagaimana kronologis kejadiannya.

 

2.   Lengkapi formulirnya

Saat mengisi formulir, pastikan Anda menyampaikan semua keluhan secara detail tanpa melewatkan apa pun. Hal ini akan memudahkan pihak Gojek memproses aduan tersebut sebab ceritanya sudah sangat lengkap.

Selain itu, jangan lupa pula untuk mengisi informasi pribadi sesuai permintaan dengan jujur. Setelah memastikan setiap kolom terisi, baca ulang minimal satu kali lagi, sebelum akhirnya benar-benar menekan tombol Kirim.

Barangkali butuh beberapa waktu sebelum upaya mewujudkan cara pengaduan Gojek Anda diproses. Maka dari itu, penting juga untuk menunggu dengan sabar hingga menerima balasan dari pihak Gojek langsung. Bagaimanapun juga, perusahaan ini mempunyai basis masa pelanggan yang besar.