Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sedang Hangat Dibicarakan, Apa Perbedaan Investasi Dan Trading Saham?

Saham atau bukti kepemilikan perusahaan merupakan salah satu instrumen keuangan yang banyak diminati. Namun, banyaknya istilah yang digunakan dalam bidang ini seringkali membuat pemula cukup kebingungan. Kegiatan investasi maupun trading bahkan seringkali disalahartikan menjadi hal serupa. Untuk itu, berikut informasi terkait investasi dan trading saham yang perlu diketahui.


 

Perbedaan Investasi Dan Trading Saham

1. Prinsip

Prinsip merupakan faktor utama yang sangat membedakan kegiatan investasi dan trading, Pasalnya, investasi seringkali menggunakan prinsip buy and hold untuk menanamkan modal saham dalam jangka panjang. Tak ayal jika orang yang memilih berinvestasi cenderung lebih santai dan tidak terlalu peduli dengan naik turunnya harga saham.

Berbeda dari kondisi tersebut, kegiatan trading lebih berpegang pada prinsip buy and sell. Prinsip ini membuat seorang trader akan bergerak secara aktif untuk melihat fluktuatif harga di pasaran guna mendapatkan keuntungan yang besar. Waktu penjualan dan pembelian saham bahkan tergolong pendek, dapat dilakukan dalam hitungan bulan, minggu, hari, jam maupun menit.

2. Analisis

Berkecimpung dalam dunia instrumen keuangan bukanlah hal yang mudah. Anda sebaiknya memahami analisis yang diperlukan sebelum melakukan pembelian. Terdapat analisis fundamental untuk menilai kondisi penting dari pemilik saham yang dibeli dan analisis teknikal untuk menilai pergerakan harga saham yang anda dipasaran.

Meskipun kedua analisis ini dapat digunakan secara bersamaan, orang yang berinvestasi saham seringkali lebih menilai kondisi fundamental. Terlebih lagi performa perusahaan yang dilaporkan ini dapat berpengaruh pada kualitas harga kedepannya. Sebaliknya, seorang trader seringkali memilih analisis teknikal untuk membantu pergerakan saham dalam waktu yang lebih singkat.

3. Risiko

Hal lain yang dapat membedakan investasi dengan trading adalah tingkat risiko. Pasalnya, aktivitas trading memiliki risiko lebih tinggi karena saham yang dipilih tergantung dengan sentimen pasar. Kesalahan dalam analisis dan tindakan dapat menimbulkan kerugian yang tidak diinginkan. Namun anda juga dapat gagal dalam kegiatan investasi apabila tidak memahaminya.

Itulah perbedaan antara investasi dan trading untuk saham yang perlu anda ketahui. Perbedaan tersebut bahkan berlaku untuk investasi dan trading terhadap investasi keuangan lainnya. Untuk itu, pelajari kegiatan ini dengan baik dan sesuaikan dengan kondisi anda jika ingin memulai.

Baik investasi maupun trading saham pasti memiliki keuntungan dan risiko yang perhitungkan. Jadi, jangan coba-coba sembarangan tanpa adanya persiapan.