Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Trading Emas Agar Untung Besar

Kesadaran masyarakat tentang investasi menyebabkan pengenalan instrumen keuangan semakin digalakkan. Emas sebagai salah satu instrumen keuangan bahkan termasuk produk yang diminati karena harganya terus mengalami kenaikan. Meski demikian, anda perlu menguasai tips trading emas agar mendapatkan keuntungan karena instrumen ini juga memiliki risiko untuk dihindari.


 

Tips Trading Emas Yang Perlu Diketahui

1. Kuasai Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah hal penting yang perlu dipraktikkan sebelum anda memulai trading. Terlebih lagi manajemen yang tepat dapat menghindarkan anda dari berbagai jenis risiko. Disini, anda sangat disarankan untuk memulai trading dengan mengambil lot yang sesuai dengan kondisi keuangan meskipun sudah yakin 100%.

2. Ketahui Tren Harga Pasar

Sebagaimana instrumen keuangan lainnya, emas juga memiliki tren harga pasar yang bergerak secara fluktuatif. Anda bahkan perlu melakukan analisis fundamental untuk memprediksi naik turunnya harga pasar instrumen ini. Hal ini dapat membantu anda untuk memilih waktu yang tepat untuk melakukan pembelian atau penjualan.

Tentu saja, kesabaran sangat diperlukan ketika melakukan trading emas. Anda sebaiknya hati-hati dan jangan gegabah untuk login dan entry harga. Terlebih lagi kesalahan dalam melakukan breakout hanya akan menimbulkan kerugian yang besar, sehingga anda hanya akan terlena pada iming-iming untung yang tidak ada wujudnya.

3. Pantau Sentimen Investor Besar

Selanjutnya, harga emas juga dipengaruhi oleh sentimen pasar yang dilakukan oleh investor besar. Kekuatan para investor yang memiliki jumlah produk besar seringkali memberikan dampak terdapat naik turunnya harga di pasaran. Untuk itu, ketahui informasi fundamental guna memprediksi market emas.

4. Amati Pola Atau Formasi Chart

Anda juga perlu mengamati pola atau formasi chart harga emas untuk melakukan trading. Pada tahapan ini, analisis naik turunnya harga emas di pasaran dapat menjadi bagian dari analisis teknikal dimana anda bisa memilih waktu yang tepat untuk melakukan pembelian maupun penjualan.

Melakukan trading emas pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan melakukan trading instrumen keuangan lainnya. Pasalnya, anda perlu memiliki pemahaman dasar terkait produk keuangan yang akan dibeli dan memahami beberapa teknik tertentu untuk mendapatkan keuntungan sekaligus meminimalisir kerugian.

Trading emas bukanlah pekerjaan yang mudah. Untuk itu, anda dapat mempraktikkan tips trading dengan baik agar dapat bergerak lebih fleksibel dan kompetitif.