Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Persiapkan Cara Menjadi Trader Pemula Agar Terbebas Dari Risiko

Trading merupakan aktivitas jual beli instrumen keuangan yang dilakukan dalam waktu singkat. Pasalnya, anda bisa memilih instrumen seperti saham, forex, emas dan lainnya untuk melakukan aktivitas ini. Meski demikian, cara menjadi trader pemula perlu disiapkan agar terbebas dari risiko selain iming-iming keuntungan besar. Berikut selengkapnya.


 

Cara Menjadi Trader Pemula Yang Tepat

1. Bekali Diri Dengan Ilmu Pengetahuan

Setiap aktivitas sebaiknya dimulai dengan bekal ilmu pengetahuan. Tak ayal jika trader pemula juga perlu memiliki bekal ilmu. Terlebih lagi kegiatan ini memiliki risiko yang cukup besar selain keuntungan yang besar pula. Maka dari itu, anda perlu membekali ilmu trading yang benar terkait produk instrumen dan broker hingga strategi yang diperlukan.

2. Lakukan Analisis Dengan Tepat

Praktikkan analisis dengan tepat baik secara fundamental maupun teknikal sebelum melakukan pembelian. Disini, analisis fundamental dilakukan dengan cara mengulik data-data dasar atau kondisi produk yang akan dibeli. Sebaliknya, analisis teknikal dilakukan dengan cara menilai naik turunnya hara instrumen di pasaran yang disuguhkan dalam sebuah data.

Tentu saja, kedua analisis ini sebaiknya dipraktikkan dalam memilih produk instrumen keuangan. Misalnya saja mengetahui kondisi support dan resisten guna memilih waktu yang tepat untuk melakukan pembelian maupun penjualan. Terlebih lagi cara ini dapat membantu anda untuk meminimalisir kerugian selain mendapatkan keuntungan.

3. Persiapkan Mental Yang Kuat

Aktivitas trading yang dilakukan secara fluktuatif membutuhkan mental yang kuat. Anda bahkan tidak disarankan untuk segera membeli atau menjual produk tanpa mengenali kondisi pasaran. Hal ini karena terdapat banyak faktor yang mempengaruhi naik turunnya setiap instrumen keuangan.

4. Evaluasi Keberhasilan Dan Kegagalan

Selain itu, jangan lupa lakukan evaluasi terhadap aktivitas yang dilakukan baik ketika mendapat keuntungan maupun kegagalan. Cobalah membuat catatan perdagangan dengan hati-hati. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan strategi baru untuk memperbaiki kelemahan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Itulah beberapa trik dan tips yang perlu disiapkan dan dilakukan ketika menjadi trader pemula. Lakukanlah beberapa tahapan di atas dengan hati-hati agar anda bisa mendapatkan keuntungan yang wajar dengan meminimalisir risiko yang dapat terjadi kapan saja. Yuk buktikan sekarang juga!

Meskipun terkesan sederhana, cara menjadi trader pemula nyatanya tidak mudah. Keberhasilan dan kegagalan sangat ditentukan oleh setiap usaha yang sudah dilakukan.